3 Menit Langsung Paham Apa itu Mindfulness dan Cara Melatihnya

Reading Time: 3 minutes

Lo pernah nggak sih dengar orang nyebut “focus on the present”? Lo tau nggak, kalau ungkapan tersebut erat kaitannya dengan mindfulness. Hmm, tapi sebenarnya apa itu mindfulness? Sobat Porto, mindfulness adalah praktik meningkatkan kesadaran dan konsentrasi pada the present moment atau kondisi saat ini. Kenapa mindfulness penting? Karena terjebak di masa lalu dan terlalu mengkhawatirkan masa depan itu nggak baik buat kesehatan mental lo. 

Mindfulness bisa membantu lo buat lebih memahami dan mengelola perasaan, pikiran, dan emosi. Ketika lo mengembangkan kesadaran yang lebih dalam tentang diri sendiri, lo jadi bisa merespon stres, tekanan, atau ketidakpastian yang muncul dalam hidup dengan lebih bijak.

Selain itu, mindfulness juga bisa meningkatkan kualitas tidur, mengurangi kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperbaiki hubungan sosial. Hmm, lalu gimana sih cara ngelatih mindfulness?

Cara Melatih Mindfulness

1. Mindful Meditation

Mindful meditation adalah salah satu cara yang paling umum buat melatih mindfulness. Dalam melakukan mindful meditation, coba untuk duduk dengan nyaman, fokus pada napas dan perhatikan setiap pikiran dan emosi yang muncul. Kuncinya adalah jangan menghakimi atau menilai pikiran tersebut, biarin aja pikiran lo  mengalir seperti awan yang lewat. Instead, coba buat merasakan pikiran dan emosi tersebut sebagai bagian dari pengalaman meditasi yang alami dan biarkan mereka pergi dengan tenang.

Nggak perlu khawatir kalau pikiran negatif seperti ingat cicilan utang atau deadline tugas besok muncul saat meditasi ini. Karena pikiran-pikiran itu adalah hal yang normal dan bisa diatasi dengan latihan yang konsisten. Intinya di tengah hiruk pikuk kehidupan dan rutinitas yang padat ini, sediakan ruang ruang untuk memikirkan dan merasakan kondisi saat ini. Terima semua emosi tersebut dengan damai. 

2. Mindful Eating

Kalau kita makan sambil melakukan aktivitas lain, seperti menonton TV atau scrolling hape, kita cenderung nggak menyadari atau merasakan dengan makanan yang kita konsumsi. Hal ini bisa bikin kita makan secara otomatis dan tidak memperhatikan jumlah makanan yang kita konsumsi.

Mindful eating adalah cara untuk memperhatikan makanan dengan fokus pada rasa, tekstur, aroma, dan pengalaman secara keseluruhan. Coba untuk mengunyah makanan dengan perlahan, merasakan rasa dan tekstur setiap gigitan, dan meresapi keseluruhan pengalaman makan.

Dengan menerapkan mindful eating, lo bisa lebih mengapresiasi makanan dan mengurangi risiko makan berlebihan. 

3. Mindful Moving

Dalam melakukan mindful moving, kita harus memperhatikan gerakan tubuh kita dengan saksama dan fokus pada setiap sensasi fisik yang terjadi selama gerakan tersebut dilakukan. Kita harus memperhatikan napas kita dan melakukannya dengan tenang dan terkendali. 

Contohnya, pas melakukan yoga, fokuskan perhatian pada gerakan tubuh yang dilakukan dan rasakan setiap sensasi fisik yang muncul. Kita bisa merasakan bagaimana pernapasan kita berubah selama gerakan yoga dilakukan dan meresapi setiap detik dari gerakan tersebut. Tai Chi juga merupakan salah satu bentuk mindful moving yang populer. Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam Tai Chi dilakukan dengan perlahan dan terkendali.

Dengan melakukan mindful moving, kita bisa mengurangi stres dan kecemasan yang kita alami. Kita dapat mengalami rasa keseimbangan dan kedamaian dalam pikiran dan tubuh ketika kita melakukan gerakan dengan fokus dan kesadaran yang tinggi.

4. Body Scan

Terakhir, ada body scan, yaitu kegiatan meditasi yang memeriksa sensasi tubuh dari ujung kaki sampai kepala. Dalam melakukan body scan, lo bisa  berbaring dengan nyaman. Setelah itu, lo akan bisa mindahin fokus pada tiap anggota bagian tubuh lo, mulai dari ujung kaki hingga kepala. Saat memindahkan fokus perhatian, lo harus memperhatikan sensasi tubuh pada setiap bagian tubuh tersebut.

Tujuan dari body scan adalah buat meningkatkan kesadaran diri terhadap tubuh kita dan mengenali setiap sensasi fisik yang terjadi pada tubuh kita. Kita juga dapat mengidentifikasi ketegangan atau ketidaknyamanan pada tubuh kita dan mengurangi rasa tegang dan cemas yang kita alami.

Nah Sobat Porto, itulah dia pembahasan soal apa itu mindfulness dan cara melatihnya. Tentunya tujuan utama dari mindfulness adalah menjadi lebih bahagia. Nah, untuk dapat tips-tips menarik lainnya seperti ini, pantengin terus blog Academy Portofolio ya! Karena bakal ada  informasi terbaru seputar tips finansial, produktivitas, dan mental health untuk kamu si kaum #TheUnsungHero!